Wednesday, January 19, 2005

Siaga 2! Posko Banjir !

Seperti yang aku tulis di bawah (gempa jakarta), Jakarta ah harus siap-siap soal banjir. Sejak hari minggu kemarin hujan dah mulai turun pada titik ter-derasnya. Curahnya dah meninggi. Jadi setiap malam kira-kira jam 10 gitu ampe pagi, gwe bobo diiringi backsound suara hujan deras + guntur (tidak lupa dinginnya) :D

Hari selasa kemarin gwe sampe kantor nyaris basah kuyup karena pas lagi macet di GatSoe tau2 ujan turun ga bilang-bilang (emang pernah). Breshhhhhhh, langsung deras bgt tanpa diawali rintik2 permisi gitu kaya biasanya. Yah, apesnya bikers emang kalo musim ujan kaya gini. Yah buru2 minggir n pake jas ujan deh.

Sekarang, dah 4 hari Jakarta dilanda ujan deras tiap Malam. Pagi ini GatSoe macet total ga keruan. Dan officially hari ini Jakarta dinyatakan masuk siaga 2 banjir. Sungai Ciliwung dah meluap, bikin orang-orang disekitarnya kaya di kampung melayu pada ngungsi (salah sendiri kan, dah dibilangin jangan tinggal di sekitar sungai :P) Ruas-ruas jalan pada "putus" gara2 banjir + macet. Bahkan 3 in 1 pun hari ini ga ada.

Kalo nurut aku, banjir di Jakarta WILL NEVER BE ABLE TO SOLVED. Aku kira bukan soal dana atau resource buat itu, tapi lebih ke mental ma disiplin baik dari sisi pemkot nya dan terlebih lagi masyarakatnya. Mulai soal buang sampah sampe bikin tempat tinggal di bantaran sungai. Masalah sosial yg dah kelewat kompleks :)

Pheww.... hampir ga ada tata kota yang benar di Indonesia ini. Malah lebih OK tata desa di pelosok-pelosok. Kalo di rumah nenek di Magetan sana, rumah-rumah di bangun jauh dari sungai, pa lagi sungai ada di dataran lebih rendah. Yang dekat sungai tuh sawah ma kebon, jadi biar lebih mudah pengairannya :) Sungai lebih bersih karena ga dipake buat buang sampah (bisa dimarahin orang sedesa kalo buang sampah ke sungai). Makanya mandi di sana pun masih segar krn airnya jernih dan relatif jauh lebih "bersih". Sampe udang kali ama ikan ajah kelihatan :)

No comments: