Thursday, April 03, 2008

ies4osx: IE on Leopard

Gara-gara Internet Banking Bank Permata yang sux itu, saya terpaksa harus masang Internet Explorer di Macbook.
Blah ... Microsoft sendiri sudah menghentikan produk Internet Explorer for Mac kira-kira sejak tahun 2003 lalu. Parah emang Bank Permata ... hari ini kok masih bikin situs yang tidak cross-browser capable. Mo gimana lagi, saya ambil KPR pake Bank Permata :(

Sama halnya pemakai OS lain selain Windows, yang kepikiran paling beberapa hal berikut ini:

  • Dual boot,  dih masa gara ini doang mesti dual boot. Beli lisensi Windows pula minimal 900rb. SUX  
  • Install VMWare ... another cost minimal $79.99 - $699.9
  • Install Crossover ... buset, beli Crossovernya sendiri ajah dah $59.95
  • Pasang Parallels Desktop ... harganya $79.99

Untunglah di dunia open source ini banyak orang-orang pinter yang mau meluangkan waktu membagi ilmunya dengan menciptakan hal-hal yang berguna at low cost (saya ga bilang semua serba gratis, walo banyak yg gratisan, at least terjangkau lah :D)

Di desktop linux  saya tertolong dengan ies4linux, di FreeBSD ga tau soale dipake buat server :P Nah di OS X saya langsung mencari-cari hal ini begitu Macbook ada ditangan. Ada project bernama ies4osx. Aplikasi ini memungkinkan kita para pengguna OSX untuk dapat menjalankan IE secara "native" tanpa harus install Parallels, Crossover atau Bootcamp atau bahkan bikin partisi Windows segala. Mac kok dipasangin Windows ... plis deh.

Cara instalasi ies4osx ini juga cukup mudah.

  1. Pengguna Tiger harus menginstall pake X11 dulu (ada di DVD installernya).
    Pengguna Leopard dapat memakai  X11 pre-installed atau install ulang X11 dari DVD installer Leopard, yang ada di situs Apple itu X11-nya versi "kadaluarsa"
  2. Download dan buka Darwine. Recognizing something? Yup, ini darwine .. plesetan dari wine di Linux .. bukan Darwin :P
  3. Copy Darwine ke  Applications folder.
    Pindahkan Darwine ke Applications
     
  4. Download and install ies4osx.
    extrat, click and install
  5. Pilih versi browser IE yang kamu mau, pilih bahasanya juga. Kalo pingin nampilin prosesnya, bisa klik icon "Log"  atau klik menu Window - Show Log. Habis itu klik tombol Play. Dari sini si installer ies4osx akan download file-file yang diperlukan ke internet. Wait and pray :P Saya beberapa kali "sukses" kelar downloadnya, ternyata di log ada error banyak banget ... biyuh biyuh.
    fetching installation contents
  6. Asumsi tadi download ies4osx di simpan di Desktop, begitu juga hasil extract zip filenya. Setelah proses installasi selesai, maka di Desktop kamu akan muncul icon IE seperti gambar di bawah ini:
    IE for OSX installed
  7. Tinggal klik ajah salah satu icon tersebut. Kamu bisa juga mindahin semuanya ke folder Applications. Terserah mau yang mana deh.
  8. Voila! Hasilnya seperti ini :P

Bah, mo ngecek saldo ajah kok ribet amat yah ....

Read this post on my new blog
http://nuy.jirolu.net/2008/04/03/ies4osx-ie-on-leopard/

1 comment:

Anonymous said...

Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
http://www.infogue.com/
http://www.infogue.com/software/ies4osx_ie_on_leopard/