Saturday, November 29, 2008

Citibank Online Indonesia yang aneh

Bulan Juli lalu saya kehilangan dompet beserta seluruh isinya. Including 2 citibank cards. Nah, 2 kartu tersebut sebelumnya telah saya daftarkan ke internet banking Citibank. Otomatis saya punya 2 account/user di sana.

Begitu selesai mengurus kartu yang hilang, saya dapat kartu pengganti. Sebagai akibatnya, 2 account/user internet banking Citibank saya sebelumnya dicancel. Username relasi 1-1 dengan nomor kartu sih. 

Nah beberapa waktu lalu saya ingin registrasi ulang ke internet banking Citibank dengan 2 kartu pengganti tersebut. Tapi entah mengapa selalu gagal. Malam ini saya coba kembali.

Pertama akses ke citibank.co.id, shortcut ajah langsung ke login pagenya di https://www.citibank.co.id/IDGCB/JSO/signon/DisplayUsernameSignon.do. Muncul tampilan seperti di bawah ini:

Login page internet banking Citibank

Kedua saya pilih menu "first time here, create you user id". Lalu munculah tampilan seperti berikut ini:

form pendaftaran Citibank Online

Ketiga, melalui Virtual Keyboard seperti gambar di atas, saya masukkan PIN ATM/kartu sesuai dengan yang dikirimkan Citibank kepada saya. Dan apa hasilnya coba?

What the .... Selalu saja seperti ini "Information not recognized". Bah, it SUX.

"You may also change your PIN by phone or at branch or at ATM." Yo, i never did that. I'm still keeping the PIN sent by Citibank and I wont make mistake by entering incorrect number. I just retype what is printed in these 2 paper.

PIN from citibank

Keempat telpon 24 hour citiphone banking, ngobrol deh dengan Office (O) nya.
Me (M): Saya dulu punya 2 kartu citibank terdaftar citibank online, trus ilang, trus dapat ganti trus pingin registrasi ke citibank online untuk 2 kartu pengganti tadi bla bla bla
O: Baik mas, masa belaku kartunya sampai kapan bla bla bla (pertanyaan SOP verifikasi data)
O: Begini mas, kalau jam-jam segini kami sedang ada proses input data. Hal itu mengakibatkan proses regitrasinya tidak dapat digunakan. Bisa tolong ulangi lagi pas jam kerja 

Nah, jawaban ngeles yang aneh. Registrasi kan input data juga. Dan semestinya sistem registrasi Citibank Online ga akan pernah terganggu dan ga berhubungan langsung dengan whatever proses input data yang disebutkan oleh sang officer tadi.

M: Mas, saya tuh dah nyoba-nyoba beberapa hari bahkan minggu sebelumnya, pas jam kerja, siang pernah, sore pernah. Hasilnya selalu saja information not recognized. Ada apa ini? Saya ga ada masalah waktu registrasi pakai kartu lama dulu.

O: Coba dicek lagi mungkin entry nomor kartunya salah.

M: Lho,  saya udah ngetikin secara benar nomor kartu saya n PIN. Bahkan copy paste dari PDF billing summary yang dikirimkan Citibank. ga mungkin salah. PIN juga ga mungkin salah karena saya copy paste dari lembar PIN yang dikirimkan Citibank sendiri.

O: Atau mungkin ketukar dengan yang Visa

M: Ya ampun. Saya ini masih nyoba-nyoba yang MasterCard, belum nyentuh yang Visa. Ga mungkin ketukar lah.

O: tunggu sebentar .... *nada tunggu*

O: Di sini tercatat 2 kali salah. Jangan sampe 3 kali nanti kena lock. Coba lagi saja esok harinya.

M: Lho kok bisa 2 kali salah. Salah di mananya?

O:Di sini tercatat salah entry PIN nya

M: Buset deh, ini mah sistem Citibank Onlinenya yang bermasalah. Bukan saya yang yang salah entry. Kalo PIN saya misalnya 1234, di virtual keyboard saya klik tombol 1234 tapi ternyata yang diterima sistem bukan 1234 ya perlu diaudit tuh sistemnya. Lagian beribet banget pake model telpon analog gitu cuman buat entry PIN.

O:Mohon maaf atas ketidaknyamanannya bla bla bla *saya ga gubris lagi, gag marah-marah kok. mereka kan cuman ngandelin textbook ajah kalo ada problem*

M:Ya udah deh, tolong di follow up mas. Sekalian kalo gini saya minta reset PIN aja. Saya barusan nyoba pake kartu yang Visa hasilnya juga sama.

O: bla bla bla (mengulang mailing address saya untuk pengiriman PIN baru, karena sekota jadi PIN akan nyampai dibawah 14hari .. semoga deh).
 

D'oh Citibank ... cape deeee

Read this post on my new blog
http://nuy.jirolu.net/2008/11/29/citibank-online-indonesia-yang-aneh/

No comments: