Saturday, February 07, 2009

Google Maps Mobile on Nokia E71

Google Maps for Mobile (GMM) seperti namanya adalah versi mobile dari aplikasi Google Maps. Saat ini GMM mendukung platform ponsel Android, Windows Mobile, Palm dan Symbian Series 60 3rd edition. Versi terakhir dari GMM ini telah menyertakan sebuah fitur baru yang dapat membuat pemakainya dapat berbagi informasi di mana posisi dia berada dan di mana posisi teman-temannya berada pula saat itu. Dan ini diklaim oleh Google dilakukan secara real time. Fitur ini dinamakan Google Latitude (bukan salah satu seri laptop Dell yah). Wow.
Google Latitude ini adalah langkah awal Google untuk menambahkan fungsi layanan berbasis jejaring sosial (social network) pada aplikasi Google Maps itu sendiri dan aplikasi Google lainnya.

Nah, postingan saya ini berupa tutorial sederhana tentang cara instalasi di Nokia E71. Tapi sebenarnya tutorial ini dapat dipakai untuk instalasi di Nokia/ponsel lain yang berbasis Symbian Series 60 3rd

1. Buka browser E71 kamu (pake browser lain seperti Opera Mini juga bisa sih). Buka situs http://www.google.com/gmm seperti gambar di bawah ini.


2. Pilih APN internet operator kamu. Setting Nokia E71 aku set manual select access point, hal ini untuk mencegah adanya program-program yang perlu akses internet untuk tidak berjalan secara otomatis menggunakan APN yang tidak semestinya. Karena saya menggunakan layanan Telkomsel Flash maka saya pilih APN tersebut. Hati-hati yah, kamu perlu download sekitar 2MB, jadi kalo pake tarif GPRS biasa yah siap-siap ajah deh rogoh kantong :D

pilih APN


konek ke jaringan 3G Telkomsel

3. Setelah terkoneksi ke situs Google Maps Mobile, kita akan mendapat tampilan seperti di bawah ini. Tinggal klik link Install Now seperti di bawah ini untuk memulai instalasi.

tampilan awal Google Maps Mobile

4. Proses instalasi akan diawali dengan download file aplikasi Google Maps Mobile ke E71. Proses ini akan berjalan otomatis, namun jika tidak kita dapat klik link "this link" seperti gambar di bawah ini untuk downlaod manual.

dowload section

5. Seperti yang saya singgung sebelumnya, ukuran file ini cukup besar. Jadi disarankan buat kamu untuk menggunakan layanan data berbasis quota yang cukup besar atau yang time based dari operator GSM kamu. Yang prepaid kan ada juga buat ini. Misalnya aja Telkomsel Flash time based atau Telkomsel Flash small denomation. Syukur-syukur kalo kamu pakai yang unlimited :)

file information n download confirmation


download status

6. Ternyata cuman beberapa detik untuk download GoogleMaps.sisx ke E71 saya hehehehe. Berikutnya adalah instalasi file yang telah di download tadi ke dalam sistem Symbian si E71 ini.

installation confirmation


installer info

7. Di sini terserah kamu mo install di phone memory atau di SD card. Saya pilih di SD card biar memory phone ga penuh oleh aplikasi nantinya walo saat ini terlihat masih banyak space kosong :P

installation place


installation process


terms and condition

8. Google Maps Mobile telah terinstall !!!
Tadaaaaa, welcome to the welcome page :P

GMM splash screen

9. GMM mulai fetching map posisi kita berada

fetching map view


GMM map view


GMM map view


GMM map view

10. MAP view kota-kota di Indonesia sepertinya emang minus banget yah? Jadi saya ga gitu berharap waktu milih menu street view nih.

GMM menu

11. Nah kan street view not available hehehehehehe

street view not available for Indonesian map

12. Nah kini saatnya mengespose Google Latitude.
Kamu bisa akses menu ini dari options->Join Latitude
Yang kamu perlukan hanya account Google (GMail) saja

Google Latitude


g-latitude confirmation


g-latitude profile


g-latitude privacy

13. Avatar yang pernah kita set di profile akun Google akan muncul di sini.

gmm after sign-up latitude

14. Nah karena Map viewnya garing, coba kita ubah ke Satellite view.
Nah tampilannya seperti dibawah ini. Dan bisa diperbesar (zoom) lho :)

gmm satellite view


zoom


zoom shortcut information

15. Jadi cukup tekan 1 untuk Zoom-out, Tekan 3 untuk Zoom-in. Buset dah ketahuan di rumah yang mana saya sedang berada :D

my location using satellite view

16. Kompleks perkantoran dekat rumah.

office buildings, within 50m from my location



17. Seputaran flyover dan perempatan Pancoran

pancoran fly over within 100m from my location


pancoran cross-road


pancoran cross-road

18. Nah udah kan, sekarang exit aplikasinya dulu deh :)

exit application

Read this post on my new blog
http://nuy.jirolu.net/2009/02/07/google-maps-mobile-on-nokia-e71/

1 comment:

andee de aremania said...

bro, aq udah ikutin petunjuk installnya dan dah bisa cuman zoom sampe detil keliatan rumahnya kok ga bisa yah?