Tuesday, August 31, 2004

Telkomsel rilis bebas roaming dan PPn untuk simPATI

DENPASAR (Bisnis): Operator telepon seluler Telkomsel kembali melakukan gebrakan pasar dengan memberikan fasilitas bebas roaming bagi pengguna kartu SimPATI dari semua operator sehingga menambah sengitnya persaingan antaroperator.
Dirut PT Telkomsel Bajoe Narbito mengatakan operator itu perlu melakukan berbagai langkah strategi untuk bisa meraih 40 juta pelanggan dalam jangka waktu lima tahun mendatang.

"Tujuan dari strategi itu tidak lain adalah tetap mempertahankan sebagai operator yang tetap memimpin pasar di telepon seluler," ujarnya akhir pekan.

Langkah strategis yang dilakukan Telkomsel, tambahnya, dengan memberikan fasilitas bebas roaming nasional dari nomor operator manapun. Selain bebas roaming nasional, produk itu juga memberikan bebas PPn 10% bagi setiap pembelian voucher isi ulang simPATI.

"Jadi berbeda dengan banyak produk prabayar lainnya di Indonesia, pembelian simPATI pun selalu sudah termasuk PPn 10%. Artinya pengguna tidak perlu membayar biaya tambahan 10% pada saat membeli voucher isi ulang," tegasnya.

Peta persaingan antaroperator seluler kini semakin ketat. Sebelumnya Telkomsel telah meluncurkan produk kartu As yang ditujukan ke pasar menengah bawah.

Pesaingnya Indosat kemudian mengikutinya dengan menurunkan tarif IM3 Smart, Excelcomindo (kartu Jempol dan kartu Bebas) dan terakhir Telkomsel dengan produk simPATI yang bebas roaming, tidak hanya untuk sesama pengguna produk operator itu tapi untuk ketika menerima dari nomor operator lain.

Dari pasar, pengguna simPATI mencapai 50% dari total pasar pengguna telepon seluler yang saat ini sudah mencapai 21 juta. Selain itu, tambah Bajoe, produk itu didukung dengan luasnya jangkauan yang mampu mencakup 85% populasi di Indonesia.

Indikator lain yang mendukung layanan Telkomsel adalah jumlah BTS (Base Transciever Station) yang mencapai 5.500 unit, 45.000 unit transmiter (transmitter receive exchange/TRX), 170 unit mobile switching centre (MSC) selain memiliki kerja sama dengan 112 operator seluruh dunia.

Fasilitas lainnya berupa penerapan dual band (GSM 900 dan 1800), General Packet Radio Service (GPRS), MMS, mobile banking, international roaming, dan bebas roaming nasional.

Menurt Bajoe, semua yang diberikan pada pelanggan simPATI atau calon pelanggan itu tidak lain adalah realisasi dari apresiasinya pada semua pelanggan setianya.

"Kami tidak akan berhenti. Manajemen Telkomsel juga telah merumuskan berbagai strategi khusus yang tujuannya adalah memberikan sesuatu yang lebih kepada pelanggan," jelasnya. (ard)

Bisnis Indonesia, 30 Agustus 2004---
Nah buat yang make simPATI met ber-free roaming- beneran deh :)