Sunday, December 05, 2004

kusutnya pertelevisian indonesia

Pheww, havent sleep at all. Abis benchmark sistem buat freegames di makassar :P *huaahmmm*

Btw, speaking about indonesian television, kayanya kok banyak yang ancur. Survei Initiative Future Worldwide menyebutkan kalo dunia per-tv-an di negara kita ini punya angka clutter paling tinggi sedunia. Bahkan lebih tinggi dari amrik.

Kalo ga salah, penonton tv di sini dicekokin rata-rata 850an iklan dalam satu minggu. Itu yang selama office hour ga nonton tv lho yah. Angka rata-rata dunia cuman 560. Seorang ibu rumah tangga bakal dijejalin sekitar 1200 iklan per-minggunya. Ini termasuk baby sitter dan pembantu rumah tangga juga. Buset dah.

Trus perhatikan, kalo tv nya nyiarin acara-acara top rank di prime time, nyampe 40% dari total durasinya pasti dipake buat iklan. Untung siaran liga inggris di TransTV iklannya cuman pas break ama selesai pertandingan ajah hehehehehe.

Itu baru quantity iklan. Sekarang quality programnya. Nyaris rata-rata nanyangin "garbage show" kalo nurut gwe. Tayangan gosip, mulai sebelum setelah sholat subuh sampe sebelum subuh lagi esok harinya pasti ada. Begitu juga tayangan kriminal. (Pantas angka gantung diri meningkat, anak SD ajah dah ngerti n bisa gantung diri sekarang). Nah, buat yang udah punya putra dan putri. Tayangan anak-anak hanya pagi hari pas mereka sekolah, kalopun mereka ga sekolah pasti ga bisa lihat, krn itu waktu kebanyakan baby sitter atau perawatnya nonton sinetron, infotainment atau telenovela. Pulang sekolah ? sama ajah malah plus india dan berita kriminal. Malam hari ? sama juga .. plus konser dangdut mesum. Masya Allah ...

Tayangan mistik. Awalnya Kismis, hari kamis-RCTI-tengah malam-hostnya Arzetti, booming, kemudian muncul dunia lain, uka-uka, pemburu hantu, dan banyak lagi macamnya. Hal ini malah bisa membuat orang jadi syirik secara ga sadar. Orang-orang terlena dengan aksi kyai, ahli paranormal dan lain-lain .. ketimbang istighfar atau baca ayat kursi atau i'tikaf di masjid. Rasullullah SAW bersama sahabat-sahabatnya sampe khalifah terakhir pun ga pernah tuh jadi ghostbuster nguber2 hantu Mbah XXX, Eyang YYY n masukin ke dalam botol.

Makhluk gaib itu ada, jin-syaitan-iblis termasuk di dalamnya adalah malaikat. Muslim diajarkan untuk mengimani (percaya) bahwa mereka ada, tapi bukan trus kebablasan malah maen-maen ama jin dan sebangsanya. Korbannya yah sekian orang di Tegal baru-baru ini tewas "berjamaah" mengenaskan akibat minum ramuan+mantra dari dukun sekte sesatnya. Karena nyari pesugihan, pingin kaya cepet lewat jalan ga wajar. Mana ada ?

Nabi Muhammad SAW saja sejak kecil harus bekerja keras, mulai dari menggembala kambing hingga jadi pedagang dan keliling di beberapa negara di jazirah arab. Ga habis pikir deh ...

Hiburan ? Konser dangdut di tivi mayoritas isinya penyanyi-penyanyi wanita bergoyang mesum. Suara nomor sekian yang penting goyang ala stripper dulu + kostum yang mendukung.... walah walah. Di awali fenomena inul dengan goyang ngebornya (sinchan kalah deh tarian pantatnya :P hehehehe) seperti jamur di musim hujan (ciyehh) muncul deh inul-inul lain nya. Ada yg goyang ngecor, kayang, vibrator, patah-patah you name it. Yah si inulnya sendiri cuman euphoria tengah 2003 hingga tengah 2004. Sekarang where is she ? Dah ga kedengeran lagi. Paling cuman nongol di iklan motor KTM (tuh kan ... gara-gara 800 iklan seminggu neh).

Indonesia sendiri kalo ga salah punya undang-undang khusus soal penyiaran. Selain aturan-aturan, di dalamnya pasti ada guidance juga deh soal how to make program yang layak tayang. Kalo waktu SD dulu, menteri penerangan waktu itu Harmoko kayanya kelewat sebel dengan lagunya Betharia Sonata cengeng banget (iya sih). Makanya tuh lagu dicekal. Kalo sekarang boro-boro lagu cengeng, sinetron menjurus mesum ajah ada di 2 sctv dan lativi. lativi malah plus film-film dewasa baik indonesia maupun barat kalo lewat tengah malam.

Undang-undangnya juga kayanya seperti yang lain, just undang-undang. Orang TV paling kalo ada apa-apa nudingnya ke regulator yang ga tegas ngelaksanain undang-undang. Orang regulator mungkin nuding balik orang TV, dah ada undang-undang kok dilanggar.
"Abis ama bapak di diemin sih waktu ngelanggar, kirain itu berarti dibolehin" :P *logat bajuri*
Padahal semua pihak terkait kan menjadi regulator baik secara langsung maupun ga langsung. Harus komit n tegas di bagiannya masing-masing.

Haduh ... kayanya channel tv ku nanti bakal menciut cuman espn, discovery, national geographic, axn, news doang (rencana mo pasang tv kabel hehehehe). Yg lokal paling yah .... MetroTV ma TV7. At least di MetroTV gwe bisa blajar bahasa mandarin (dulu seneng banget ada pelajaran bahasa perancis ma german di TPI waktu SMP), beritanya cukup up to date.TV7 .. acaranya masih lumayan. Yang jelas sih anime, jejak petualang, petualangan bahari, liga inggris ma motogp, pokoknya sport7 :D

Phew ... yang jelas MU menghajar Southampton 3-0 :P Ngantuk, tapi mesti monitoring freegames di Makassar... ditinggal bobo bentar ajah kali yah. Nanti deh setelah kelar teen titans di TV7 :P

2 comments:

koko said...

wah, ternyata ada juga yang sependapat ama gue. ampe sekarang yg paling gw tonton cuma metrotv doank, sisanya mending beli dvd ato sejenisnya karena 'muak' dengan hal hal yg ente sebutin.

Blogger said...

I have just installed iStripper, and now I enjoy having the hottest virtual strippers on my taskbar.