Wednesday, September 24, 2008

Telkomsel Blackberry Prepaid #2

Untuk cara berlangganan, cara berhenti berlangganan, fitur-fitur silakan lihat dan baca sendiri di sini. (http://nuy.jirolu.net/2008/05/16/telkomsel-prepaid-blackberry-internet-service/)

Nah, dari postingan saya terdahulu sepertinya banyak yang ingin pakai Blacberry atau sok pake Blackberry tapi ga tau Blackberry itu sendiri apa. Ada yang nyolot sok nyalahin operator karena dia daftar langganan layanan Blackberry tapi berusaha MENGGUNAKAN BLACKBERRY DI NOKIA N73. Plis deh, oon kok piara.

Saya bukan atau belum menjadi pengguna Blackberry. Dan untuk menghindari stupid silly action seperti contoh di atas, saya coba bikin tulisan singkat mengenai Blackberry deh. Yang expert, pengguna akut Blackberry yang ingin Semoga bermanfaat.

Apa itu Blackberry?
 
BlackBerry (selanjutnya disingsebenarnya sebuah solusi wireless yang komprehensif untuk orang-orang yang selalu mobile dan mempunyai ketergantungan tinggi dengan email. Well, pada prakteknya kalo di Indonesia seperti yang saya amati pemakainya tergantung dengan kemampuan text messagingnya sih :P Lewat email maupun messenger (Yahoo, BB Chat).
Nah dengan BB ini para pemakainya bisa membuat, membaca, membalas, menghapus email kita dari manapun. Sepanjang kita terjangkau oleh jaringan GPRS operator tempat kita berlangganan. Emailnya dapat berupa email kantor kita (Blackberry Enterprise Service), ataupun email biasa seperti Yahoo atau Gmail (Blackberry Internet Service). Jelasnya silakan hubungi operator penyedia layanan Blackberry favorit Anda.
Intinya, device BB menawarkan layanan push e-mail, telpon, SMS, internet faxing, web browsing dan layanan informasi berbasis wireless lainnya (termasuk MMS juga yah?) Di dalamnya termasuk juga aplikasi-aplikasi yang biasanya ada di PDA (address book, calendar, to-do lists, dll)
 
Handset BB untuk GSM sebelumnya hanya support network GPRS/EDGE saja. Kenapa jaman dah 3G bahkan HSDPA gini, kok masih pake GPRS doang? Nah itu salah satu plus nya BB. Data yang ditransmit oleh handset BB maupun server BB bentuknya terkompes dan terenkripsi, sehingga paket datanya kecil. Karena kebutuhan paket data yang kecil tersebut, dia cukup butuh GPRS doang. Tapi seiring dengan perkembangan teknologi, dan juga kebutuhan pasar plus peningkatan performa, handset BB yang baru (misalnya BB 9000 Bold) sudah support 3G/HSDPA. Fitur Wi-Fi dan GPS sendiri sudah disupport oleh seri-seri sebelumnya. 
 
Kata kunci Blackberry di sini adalah PUSH EMAIL + CHATTING (untuk pengguna umum di Indonesia so far sepengamatan saya)
 
Cara menggunakan Blackberry?
 
GUNAKAN HANDSET BLACKBERRY
Itu sudah jelas, jadi ga akan ada lagi kejadian orang nyolot karena ga bisa make BB di Nokia N73 nya.
Handset BlackBerry itu yang seperti apa? Ya yang mereknya Blackberry lah. Berikut contoh handset Blackberry yang ada di pasaran Indonesia.
 
BB Handsets
 
pearl
Blackberry Pearl (3jtan)
Blackberry Curve 8310 with GPS (4jtan ... yang merah bisa 4.6jt++)
 
Blackberry Curve 8310 with GPS+WiFi (5jtan)
 
blackberry-8820-gps
blackberry-8800 series
 
Blackberry Bold
Blackberry Bold, newest with 3G HSDPA  8.5jt++
 
Untuk handset yang bukan merek Blackberry gimana? 
Handset-handset tersebut perlu install software Blackberry Connect, nanti saya bikin postingan tersendiri deh.
 

 

Read this post on my new blog
http://nuy.jirolu.net/2008/09/24/telkomsel-blackberry-prepaid-2/

1 comment:

M.Farel said...

Bang..
Blackberry aku Jave 8900,Tulisan GPRSnya biasanya stabil dengan Huruf Besar,nah akhir2 ini Tulisan GPRSx selalu mengecil..saya sudah restar bahkan sampai lepas battry tapi masih kecil juga tulisan GPRSX,

selanjutnya,sekarang sudah habis masa berlangganan saya dengan Telkomsel Blackberry dan sudah isi pulsa 200rb,tapi kok loom ke potong juga pulsaku..atau ada hal lain yang harus dilakuin??
please pedomannya..

wassalm
fharel