Sunday, August 28, 2005

EPL Update Saturday

Pemain-pemain buangan menunjukkan aksinya minggu ini.

Seiring dengan datangnya Essien, Del Horno, Shaun Wright-Phillips, banyak pemain Chelsea yang dilego ke tempat lain. Salah satunya adalah Jiri Jarosik. Digaet Chelsea dari CSKA Moskow Januari 2005 lalu, pemain internasional Rusia ini sudah dipastikan kehilangan tempatnya di tim utama musim 2005/2006. Gelandang tangguh ini dipinjamkan satu musim ke Birmingham City dengan opsi dapat dikontrak permanen selesai masa peminjaman. Gol Jarosik di menit 26 membawa andil Birmingham menang 2-3 atas WBA.

Milan Baros, top skor Euro 2004 ini sudah masuk daftar jual begitu Rafa Benitez menginjakkan kakiknya ke Anfield. Mungkin Benitez berencana membangun kampung Spanyol di Anfield sehingga Luis Garcia dan Fernando Morientes sudah lebih dari cukup untuk barisan depan Liverpool ditambah dengan Djibril Cisse. Pembelian Peter Crouch-pun dinilai banyak pengamat hanya sebagai langkah "politis" saja supaya ada "muka lokal" di barisan penyerang. Jadi biar ga malu-maluin banget seperti yang dilakukan Arsene Wenger musim 2004/2005, saat dalam sebuah pertandingan Arsenal tidak menyertakan seorang pemain Inggris pun bahkan dalam daftar cadangan. Maklum di Arsenal, pemain lokalnya bisa dibilang hanya Ashley Cole serta Sol Campbell (yang masih dibalut cedera berkepanjangan). Gol Baros pada debutnya di menit ke 11 membawa Aston Villa meraih kemenangan atas Blackburn Rovers.

Sementara itu dalam pertandigan alot, London Derby antara Tottenham vs Chelsea menorehkan catatan tersendiri. Mickael Essien, pemain termahal Chelsea musim ini menerima kartu kuning pertamanya. Nyaris membuahkan hadiah penalti buat Spurs. Di sisi lain, striker Spurs asal Mesir, Mido, menerima kartu merah saat bertabrakan dengan Del Horno. Kartu merah pertama di EPL musim ini sepertinya. Keputusan yang kontroversial menurut saya, terlebih wasit selama pertandingan sepertinya lebih banyak mengambil keputusan yang menguntungkan Chelsea. Del Horno mencetak gol pertamanya di menit ke-39. Duff memastikan kemenangan Chelsea di babak kedua. Usaha Martin Jol untuk memecahkan catatan sejarah selama 17 tahun Spurs tidak pernah menang di kandang sendiri melawan Chelsea akhirnya gagal.