Tuesday, February 12, 2008

Yahoo: Microsoft? No Thanks

Awal Februari lalu, perbincangan sektor ekonomi - teknologi ramai dengan berita rencana akuisisi kelas besar. Kapitalis software raksasa Microsoft ingin mengakuisisi Yahoo (dalam bentuk cash/saham) senilai US$ 44,6 milyar. Kalo di kurs ke rupiah bisa lebih dari 410 trilyun, entah setara dengan dana APBN berapa lama. Yang jelas itu kalo ditaruh di Indonesia akan merupakan kue yang sangat besar dan nikmat untuk dikorupsi.

Anyway, rencana akuisisi Microsoft tersebut menuai banyak tanggapan baik pro, netral maupun kontra. Mulai dari para pakar ekonomi sampe pengguna internet biasa seperti saya ini. Mulai dari para spekulan saham sampe para geek yang anti Ms :)

Nah senin kemarin (11/2), Yahoo secara resmi menyatakan menolak tawaran Microsoft.
Alasannya?

"Sori jek, tawaran elo terlalu murah. Nyang bener aje"

Nah jadi para pecinta Yahoo yang ga ingin layanan Yahoo yang sudah bagus selama ini terkontaminasi oleh Ms jangan keburu senang. Kalau Microsoft berani nawar lebih tinggi, Yahoo ada kemungkinan merelakan dirinya untuk dijual. Beberapa sumber menyebutkan bahwa Yahoo "mungkin" akan menerima tawaran dengan nilai US$40/saham nya. Tawaran Microsoft awal awal Februari lalu bernilai US$31.

Sekiranya terjadi, merger Yahoo-Microsoft akan menjadi merger perusahaan IT dengan nilai terbesar yang pernah ada dalam sejarah selama ini. FYI, sewaktu HP membeli Compaq tahun 2000, nilainya kalo ga salah sekitar US$25 milyar. Lenovo beli divisi PC nya IBM, nilainya cuman $1.75milyar.

Nah, apa yang akan dilakukan Redmond berikutnya untuk menggaet Yahoo sebagai mesin uang baru lewat search engine dan sistem iklannya? Ya, Yahoo di proyeksikan sebagai pos income karena MSN sendiri kok cendrung jadi titik pengeluaran dibandingkan pemasukan. Yah, abisnya among the other 2 (Google & Yahoo), MSN kan yang paling sux worldwide :)

Read this post on my new blog
http://nuy.jirolu.net/2008/02/12/yahoo-microsoft-no-thanks/